Rabu, 24 Oktober 2012

Damapak Positif & Negatif dari Penggunaan Internet bagi Diri Sendiri

Jika kita berbicara tentang internet tidak akan pernah ada habisnya, internet selalu berada dalam kehidupan kita. kita tidak terlepas dari internet. Penggunaan internet ini tidak memandang umur mau anak-anak, remaja, dewasa maupun usia lanjut pun bisa menggunakannya. Berbagai informasi bisa kita dapatkan dalam internet.

Terlepas dari dampak yang mungkin akan timbul, internet  tetap merupakan suatu teknologi baru dibidang komputer dan komunikasi yang mampu memberikan berbagai kemudahan bagi para pemakainya.

Secara umum Dampak positif dari internet itu sendiri adalah dapat membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. dengan adanya internet apapun kita dapat kita lakukan baik positif atau negatif.

Dampak negatif dari Penggunaan secara umum adalah :
- Cybercrime adalah kejahatan yang dilakukan seseorang dengan sarana internet didunia maya yang bersifat, melintas batas negara, perbuatan yang dilakukan secara ilegal, adanya kerugian yang sangat besar sulit pembuktian secara hukum. Bentuknya dari cybercrime berupa, Hacking yaitu usaha untuk memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan system jaringan. yang kedua Cracking yaitu usaha untuk memasuki jaringan sesecara ilegal dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang disimpan pada jaringan tersebut..

Lalu ada pula Pornografi, Violence and Gore (kekejaman dan kesadisan yang ditampilkan di internet), Penipuan, Perjudian, mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet dari pada bertemu langsung, dan masih banyak lagi dampak negatif lainnya.

Tetapi bagi saya sendiri Manfaat / dampak Positif dari penggunaan dari internet itu sendiri adalah dapat membantu saya dalam mengerjakan tugas-tugas saya sebagai mahasiswa, memudahkan saya untuk mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah, bisa sebagai menghilangkan kejenuhan dengan bermain game, dapat mempermudah berkomunikasi dengan teman saya yang tidak terjangkau atau jauh dengan meggunakan aplikasi skype, facebook, twitter, dll.

Lalu kemudian dampak negatif bagi diri saya sendiri adalah terkadang internet membuat kita lupa waktu, membuang-buang waktu dengan hal yang tidak penting, menjadi ketergantungan dengan internet, banyak orang yang mencoba melakukan cybercrime.

Kesimpulannya adalah penggunaan Internet bisa berdampak positif atau negatif bagi diri kita sendiri itu tergantung dari diri kita sendiri bagaimana kita menggunakan internet itu sendiri. jika kita menggunakan internet untuk hal0hal yang bermanfaat maka bisa dikatakan positif, jika kita menggunakannya untuk hal-hal yang tidak penting maka itu bisa bersifat negatif.


Sumber :

http://wahidsahidu.blogspot.com/2012/03/manfaat-internet-serta-dampak-positif.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_internet_masa_kini

http://mindsetbisnisonline.com/dampak-positif-dan-negatif-internet/

http://afifgh.blogspot.com/2012/06/manfaat-internet-bagi-pelajar.html

Tidak ada komentar: