Minggu, 04 November 2012

Computer Supported Cooperative Work

Computer Supported Cooperative Work (CSCW)

           Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman pada tahun 1984, pada sebuah workshop yang dihadiri oleh mereka yang tertarik dalam menggunakan teknologi untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pada kesempatan yang sama pada tahun 1987, Dr. Charles Findley mempresentasikan konsep collaborative learning-work. Menurut , CSCW mengangkat isu seputar bagaimana aktivitas-aktivitas kolaboratif dan koordinasi didalamnya dapat didukung teknologi komputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware, namun yang lain mengatakan bahwa groupware merujuk kepada wujud nyata dari sistem berbasis komputer, sedangkan CSCW berfokus pada studi mengenai kakas dan teknik dari groupware itu sendiri, termasuk didalam efek yang timbul baik secara psikologis maupun sosial,

           CSCW (Computer Supported Cooperative Work) adalah subuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang  bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknolog pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkaitlayanan, dan teknik.

           Salah satu bentuk umum konseptualisasi  sistem CSCW adalah dengan mengamati konteks dari pengguna sistem tersebut. Contohnya yaitu matriks CSCW yang pertama kali diperkenalkan pertama kali pada tahun 1988 oleh Johansen.

           FraCollA, sebuah framework yang berbasis CORBA, telah dirancang untuk mendukung pembangunan CSCW. Rancangan tersebut dituangkan dalam bentuk spesifikasi, arsitektur sistem, diagram kelas, dan diagram kolaborasi. Fungsi-fungs dasar aplikasi Messenger dan Shared Document Editor telah diimplementasikan untuk menguji framework. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi dapat memanfaatkan CORBA sebagai middleware untuk membangun fungsi pengelolaan user/group, memelihara group awareness, dan menangani pertukaran pesan dan shared workspace. FraCollA dapat dimanfaatkan sebagai landasan untuk pengembangan framework dan aplikasi CSCW yang lebih lengkap.

            FraCollA dikembangkan dengan menggunakan Java Deelopment Kit (JDK) 1.3 dan Visibroker for Java 4.5, dan beroperasi dilingkungan sistem operasi MS Windows 98. Karena diimplementasikan dengan menggunakan Java dan CORBA, FraCo11A dapat beroperasi dilingkungan sistemoperasi lain.

            Tujuan dari CSCW adalah untuk mempelajari bagaimana orang bekerja sama sebagai kelompok dan apa yang mempengaruhi teknologi. Lalu untuk mendukung proses pelaksanaan pekerjaan walaupun secara geografis dipisahkan.

    Beberapa contoh yang digunakan pada CSCW adalah
1. Kaloborasi para ilmuwan ang bekerja sama pada suatu proyek
2. Pengarang mengedit suatu dokumen bersama-sama
3. Programmer suatu sistem secara bersamaan.
4. Bekerja sama sebagai sharing atau suatu video bersama yang conferencing aplikasi
5. Para pembeli dan para penjual melakukan transaksi secara eBay.

              Lalu Computer Suppoted Cooperative Work (CSCW) sering kali diasumsikan  sebagai aspek yang dihasilkan dari sebuah groupware. CSCW lebih berorientasi kepada evaluasi terhadap hal-hal yang terjadi dalam proses interaksi antar manusia dalam sekelompok pengguna. Interasksi tersebut ialah :

a. Komunikasi yang Normal antar Manusia yaitu Komunikasi face-to-face, Percakapan

b. Komunikasi Berbasis teks
    -komunikasi Face to Face, Pada komunikasi face to face tidak hanya meliputi bicara dan pendengaran, tapi juga menggunakan bahasa tubuh dan tatapan mata.
  • Personal Space
  • Kontak dan tatapan mata
  • Gerak isyarat dan bahasa tubuh
  • Back channel
  • Turn-taking
             Percakapan, terdapat dua prinsip ucapan antara lain : (1) Relevan artinya suatu ucapan harus sesuai dengan topik tertentu, (2) Helpful artinya suatu ucapan harus dapat dimengerti oleh pendengar dan tidak ada ambigu dari pemahaman pendengar.

             Komunikasi Berbasis Teks, ada 4 type kumunikasi tekstual : (1) Discrete, pesan langsung seperti dalam email, (2) linear, pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari catatan tunggal, (3) non-linear, saat pesan dihubungkan ke yang dalam model hypertext, (4) Spatial, Dimana pesan diatur dalam permukaan dua dimensi.

             Kerja Kelompok, Perilaku kelompok lebih kompleks terutama apabila kita memperhatikan hubungan sosial yang dinamis selama bekerja dalam kelompok.
  • Dinamika kelompok
  • Layout Fisik
  • Kognisi Terdistribusi



Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Computer_supported_cooperative_work

http://dararialbajillykb04.blogspot.com/2012/04/imk-minggu-ke-3.html#!/2012/04/imk-minggu-ke-3.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Groupware

http://imansutarno.blogspot.com/2010/04/cscw.html

http://zainalsiberat.blogspot.com/2010/05/cscw-cscw-computer-supported.html

http://deckhandi.tripod.com/link/Pengertian_CSCW.html

http://mangantar.wordpress.com/2010/05/12/cscw-computer-supported-cooperative-work/


Tidak ada komentar: