Sabtu, 06 Oktober 2012

A. HUBUNGAN PSIKOLOGI : MENGAPA MANUSIA MEMBUTUHKAN INTERNET/TIDAK MEMBUTUKAN INTERNET

A. HUBUNGAN PSIKOLOGI : MENGAPA MANUSIA MEMBUTUHKAN INTERNET/TIDAK
     MEMBUTUHKAN INTERNET

     Pengertian dari internet itu sendiri adalah singkatan dari Interconnection Working, jadi internet adalah suatu jaringan komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dengan menggunakan Internet Protokol Suite (TCP/IP) sehingga antara komputer dapat saling mengakses informasi.

     Jika ditanya manusia membutuhkan internet atau tidak ?? jawabnya pasti membutuhkan internet. pada awalnya internet masuk keindonesia pada awal tahun 1990-an, saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan "Paguyuban Network", dimana semangat kerja sama, kekeluargaan dan gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Psikologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia yang tampak secara fisik maupun psikis. Dewasa ini apalagi dizaman globalisasi ini yang serba modern, hubungan antara manusia dengan internet tidak dapat dipisahkan. Pergesaran poal hidup manusia dengan adanya computer dan Tappscott (1996) dalam buku yang sangat laris dengan judul Digital economi : Promise and Perilin the Age of Networked Intelligence yang menggambarkan bagaimana dampak teknologi internet pada kehidupan internet.

     Kehadiran teknologi internet yang semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia, secara psikologis manusia tidak akan terlepas dari yang namanya internet, satu sama lain saling membutuhkan. Kalau ada kekuatan yang sangat dasyat dengan pengaruh luar biasa, maka internet layak ditempatkan pada ranking teratas. Manfaat internet memang sangat banyak sekali, yang dapat membantu kegiatan manusia sehari-hari. penggunaan internet sangat praktis, hanya dengan mengetik dan mengklik yang kita inginkan dengan sekejap jutaan informasi bisa kita dapatkan, mau mencari orang menemukan lokasi, membaca berita terkini, dan lain-lain bisa kita dapatkan dengan mudah. Tersedianya website yang bisa diakses melalui internet telah membuat komputer sebagai pusat informasi, komputer yang terhubung oleh internet menjadi guru buat semua orang.

     Banyak sekali aplikasi-aplikasi internet yang dapat memanjakan kita sebagai pengguna, contohnya seperti Internet explorer, Mozilla Firefox, Google Crome, dll. selain membantu kita dalam Pekerjaan internet juga bisa dijadikan hiburan contohnya dengan bermain games, mendownload lagu, chatting dll. Seiring perkembangan informasi yang tanpa batas maka akan sernet didunia ymakin sulit untuk dikontrol oleh kita, sehingga disamping hal-hal positif yang bisa kita dapat ada juga hal yang negatif baik secara langsung maupun tidak langsung.

B. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI PENGGUNAAN INTERNET.

a. Dampak Positif :

    1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan internet yang paling banyak di gunakan oleh kita 
        contohnya dengan media sosial seperti Facebook, Twitter, Email, Skype,dll.
    2. Media pertukaran data, dengan menggunakan Email seperti Yahoo, Gmail dll
    3. Memudahkan dan meringankan kita untuk mencari berbagai informasi yang kita inginkan
    4. Bisa digunakan sebagai lahan informasi di bidang Pendidikan, Budaya, Organisasi, Pemerintahan, dll.
    5. Dapat menghilangkan stress/ penat dengan bermain games di internet, dll

b. Dampak Negatif :
 
    1. Cyber Crime : kejahatan yang dilakukan seseorang dengan sarana internet didunia yang bersifat,
        melintas batas negara, perbuatan yang dilakukan secara ilegal, kerugian yang sangat besar.
    2. Hacking : Usaha memasuki jaringan dengan maksud mengeksplorasi atau mencari kelemahan sistem
        jaringan.
    3. Cracking :usaha memasuki secara ilegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau
        mengahncurkan file yang disimpan pada jaringan.
    4. Melihat gambar atau video Pornografi
    5. Melakukan Perjudian, Penipuan, Kekerasan atau Kekejaman yang ditampilkan di Internet, dll.


Sumber :



Tidak ada komentar: