Minggu, 21 Oktober 2012

KOMUNITAS ONLINE, POLARISASI KELOMPOK, KELOMPOK KERJA, VIRTUAL OFFICE

A. KOMUNITAS ONLINE

Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berasal dari kata dasar communis. artinya adalah masyarakat, publik atau banyak orang.

Komunitas dibagi menjadi dua yaitu komunitas offline dan komunitas online. Komunitas online merupakan komuitas yang disatukan oleh kesamaan pekerjaan, hobi, atau faktor penyatu lainnya, dimana media integrasi dan komunikasinya sudah menggunakan internet. komunitas virtual atau biasa komunitas online adalah sekelompok orang dalam berkomunikasi menggunakan internet sebagai media utama dan tidak mengandalkan pertemuan langsung secara fisik.

Komunitas online bisa menjadi komunitas primer atau sekunder. Maksud komunitas sekunder adalah telah komunitas solid yang ada di dunia nyata dan komunitas virtualtersebut digunakan untuk pelengkap (E-Media Solusindo,2008)

Kemampuan komunitas online untuk menyatukan manusia dalam ruang lingkup global bisa mendatangkan banyak manfaat. salah satunyayaitu untuk saling berbagi cerita, informasi, atau pengalaman lain antar anggotanya tanpa terikat oleh waktu dan tempat Tetapi berhati-hatilah, karena cakupannya yang terlalu besar komunitas inline bisa menjadi tempat strategis bagi para penjahat untuk mengincar anda. Yang sering terjadi biasanya adanya pencurian identitas dan pelecehan. Kebanyakan korbannya adalah anak-anak. Selain itu banyak psikolog yang mengkhawatirkan bahwa terlalu banyak berinternet membuat orang melupakan kehidupan nyata di masyarakat. 

B. POLARISASI KELOMPOK

Polarisasi adalah kecenderungan ke arah posisi ekstrem. Bila sebelum diskusi kelompok para anggota mempunyai sikap agak mendukung tindakan tertentu, setelah diskusi mereka akan lebih kuat lagi mendukung tindakan itu. Sebaliknya, bila sebelum diskusi para anggota kelompok agak menentang tindakan tertentu, setelah diskusi mereka akan menentang lebih keras.

C. KELOMPOK KERJA

Kelompok kerja adalah sekumpulan orang yang terdiri dari 2 anggota atau lebih yang mempunyai tujuan bersama, saling bekerja sama, saling berhubungan, memiliki rasa tanggung jawab,d an saling tergantung satu dengan yang lainnya.

1. Klasifikasi kelompok

a. Kelompok formal, yaitu suatu kelompok kerja yang ditandai dengan adanya struktur organisasi
b. Kelompok komando, yaitu seorang manager dan bawahan-bawahan langsungnya
c. Kelompok tugas, yaitu mereka yang bekerja sama bersama-sama untuk menyelesaikan suatu tugas pekerjaan.
d. Kelompok informal, yaitu suatu kelompok yang tidak terstruktur secara formal muncul sebagai tanggapan situasi sosial.
e. Kelompok Kepentingan, yaitu mereka yang bersama-sama untuk mencapai sasaran khusus yang menjadi kepedulian dari tia anggotanya.
f. Kelompok Persahabatan, yaitu mereka yang bergabung bersama-sama karena mereka berbagai satu karakteristik atau lebih.

2. Tujuan seseorang masuk Kelompok :
- keamanan
- Penghargaan diri
- Pertalian/persaudaraan
- Kekuasaan
- Prestasi Baik

3. Keuntungan dan Kerugian Bekerja dalam Kelompok :
Keuntungannya adalah mendapatkan informasi lebih lengkap, Alternatif lebih banyak, Diperoleh Komitmen, Legitimasi.  Kerugiannya adalah Menghabiskan waktu, Tekanan untuk menyesuaikan, Dominasi mewarnai kelompok, Tanggung jawab samar/tidak jelas.

D. VIRTUAL OFFICE

adalah suatu perusahaan conventional. sebuah tempat baik digedung atau ruko yang disitu ada orang keluar dan masuk sebagai karyawan dan costomer. selayaknya sebuah perusahaan yang memiliki produk, service, pelayanan purnajual, customer service, dll.

Pada perusahaan yang menggunakan virtual office untuk menggerakkan bisnisnya, gedung-kantornya, yang hilangdan digantikan dengan virtual office yang tidak berbentuk fisik lagi melainkan sarana elektronis yang diadakan sebagai pengganti.

SUMBER :

http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?page=1&submit.x=0&submit.y=0&qual=high&fname=/jiunkpe/s1/info/2009/jiunkpe-ns-s1-2009-26405154-12834-berbasis_web-chapter2.pdf



http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080508060849AAqAMyy


Tidak ada komentar: