Minggu, 25 November 2012

FINAL SOFTSKILL PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET

A. Publikasi Internet

            Publikasi secara terminologi adalah berarti penyiaran, pengumuman atau penerbitan, Dalam perkembangannya Diindonesia  menjadi ilmu komunikasi bahwa istilah publistik berasal dari kata kerja bahasa latin publicare yang berarti mengumumkan. maksud dari publikasi adalah pengumuman pada masyarakat luas melalui media yang dibatasi oleh media.
             
           Jadi Publikasi Internet adalah pengumuman yang diberikan kepada masyarakat melalui media online, seperti menggunakan laptop, Handphone. Publikasi internet bisa berupa penjualan produk, pakaianan, alat-alat elektronik, Motor atau bobil, bahkan publikasi Internet juga bisa berupa berita terkini seperti politik, Sport, dll.


B. Etika dalam Internet

             Internet sebagai media interaksi memberikan kita kemudahan uang sangat besar, tidak perlu lagi kita mengahiskan waktu dan uang untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Bahkan dengan internet kita langsung bisa interaksi dengan berbagai orang sekaligus walau kita belum kenal secara visual dan bisa berasal dari mana sajadi bumi ini.
              Salah satu kelemahan dari internet sebagai media interaksi yaitu

1. Kita tidak tahu kondisi emosi lawan interaktif
2. Kita tidak tahu karakter lawan interaktif
3. Kita bisa dengan sengaja menyinggung perasaan
    orang lain.
      
                Internet dikenal sebagai komunitas yang tidak mengenal aturan. disebabkan internet merupakan sesuatu yang bebas dan memang ada tata tertib diinternet yang sering disebut Nettiquette. berikut beberapa etika dalam berinternet :

1. Perlakukan E-mail Secara Pribadi
    Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan secara pribadi, tidak sepatutnya kita mengirimnya keforum umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. E-mail pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.

2. Jangan Membicarakan Orang lain
     jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi menjelekkan orang lain. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. 

3. Hati-hati pada berita/informasi Hoax
    Tidak semua berita yang beredar diinternet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda memforward pastikan terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin ada kirim itu benar adanya.

4. Ketika 'Harus' Menyimpang dari Topik (out of
    topic)
   
     ketika anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik berilah keterangan.

5. Hindari Personal Attack

    Ketika anda sedang bergangumentasi atau debat jangan sekali-kali anda menjadikan
    kelemahan pribadi lawan sebagai senjatauntuk melawan argumentasi. 

6. Jika ingin mengkritik dan memberi saran yang ersifat pribadi harus leat PM (Personal Message).

7. Dilarang menghina agama

8. jika bertanya gunakan bahasa yang baik, sopan, beri judul yang sesuai, dan mudah dimengerti.

9. Jujur Dalam mencatumkan Sumber atau Penulis.

10. Bijaklah ketika hendak mengcopy sebuah situs.


C. JURNAL (Perbedaan Intensitas Penggunaan
     Internet Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dan Jenis
     Kelamin).

Rangkuman :

Dewasa ini, arus reformasi dan globalisasi telah memasuki seluruh bidang kehidupan masyarakat seperti bidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan, dan hiburan. Dalam era reformasi dan globalisasi, informasi merupakan faktor yang paling dibutuhkan oleh setiap orang. Salah satu arana informasi yang akhir-akhir ini yang paling sering digunakan untuk menyimpan dan menyebarkan informasi adalah internet. Secara historis, internet telahlebih dari dua puluh lima tahun. Jaringan internet tercipta oleh suatu ledakan yang tak terduga pada tahun1969, yaitu lahirnyaARPANET, yaitu suatu proyek eksperimen dari kementrian pertahanan Amerika bernama DARPA (Departement of Defence Advance Recearch Projects Agency). 

Dewasa ini, internet telah banyak dimanfaatkan di bidang pendidikan. melalui internet, kalangan universitas dan pusat riset mahasiswa dipusat pemerintahan saling berkoneksi sebagai jaringan komputer nasional.

Secara psikologis, ditinjau dari tipe kepribadiannya, ada dua tipe pengguna internet, yang pengguna memiliki tipe keribadian introvert dan yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert. Eysenck mengelompokkan manusia berdasarkan dua tipe kepribadian introvert dan tipe ekstrovert (Suryabrata, 1982). Orang yang memperlihatkan kecenderungan untuk mngembangkan gejala-gejala ketakutan dan depresi, yang ditandai oleh kecenderungan obsesi mudah tersinggung, apathi, syaraf otonom mereka labil. Sebaliknya tipe ekstrovert memperlihatkan kecenderungannya untuk mengembangkan gejala-gejala histeris, memperlihatkan sedikit energiperhatian yang sempit, sejarah kerja yang kurang baik, serta hypocondris.

Berdasarkan ciri-ciri kepribadian di atas dapat dikatakan bahwa berhadapan dengan internet, orang mempunyai tipe kepribadian introvert cenderung bersikap dan bertindak berlebihan. hal ini berarti bahwa orang yang introvert akan selalu memanfaatkan fasilitas internet sebagai alat untuk bersosialisasi dan berkomunikasi. Sebaliknya, mereka yang ekstrovert cenderung menggunakan internet sebagai media atau alat untuk mendapatkan informasi menambah pengetahuan atau sekedar mencari hiburan. Hal ini karena terjadi karena orang ekstrovert cenderung memiliki sosialisasi yang baik dengan lingkungannya.

Ditinjau dari kepribadian, dimana pengguna internet yang berkepribadian introvert memiliki intensitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengguna internet yang bertipe kepribadian ekstrovert. disimpulkan bahwa pengguna internet laki-laki memiliki intensitas yang lebih tinggi dibandingkan pengguna internet perempuan.

D. Permainan Game Online

Apa itu “permainan game”? Dalam pengertian yang luas permainan game berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.

Saya memilih permainan 8 ball Pool ini adalah permianan game online Billiard. cara memainkannya sangat mudah. cara bermainnya adalah kita memasukkan bola kedalam table/ meja billiard yang disediakan dengan 6 lubang satu per satu tergantung bola apa yang pertama kita masukkan angka bola kecil atau besar, bola kecil terdiri bola angka 1 sampai 7 dan bola besar dari angka 9 sampai 15 jika kita pertama kali memasukkan bola dengan angka kecil berarti kita hanya boleh memasukkannya dengan bola yang angkanya kecil dan sebaliknya jika misalkan bola kecil sudah dimasukkan semua kemudian baru bola 8 yang terakhir kita masukkan dan kita akan menang. game online ini berada di game feed pada facebook.

Manfaat positif game online :

1. manfaatnya adalah sebagai hiburan di saat kita
    jenuh
2. Bisa menjadi ajang untuk melatih konsentrasi

3. Bisa menambah teman melalui game online

4. meningkatkan koordinasi tangan dan mata

5. Menambah wawasan

Negatif Game Online :

1. Menjadi tidak kenal waktu/ lupa waktu

2. Pemborosan, karena hanya membuang duit
    dengan percuma

3. Menimbulkan adiksi (kecanduan) yang kuat

4. Terbengkalainya kegiatan kita karen asik
     bermain game

5. Menggangu kesehatan, karena bisa berjam-
    jam didepan komputer menimbulkan
    dampak negatif tubuh yubuh.


 Sumber :

http://id.shvoong.com/social-sciences/counseling/2205694-pengertian-publikasi/





 http://images.destipurnamasari.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/TKAh@wooCpEAABMWYHA1/Jurnal%20Psikologi.pdf?key=destipurnamasari:journal:132&nmid=369704330



Tidak ada komentar: